Annisa Fauziyah
Annisa Fauziyah
A professional with over 6 years of experience in the hosting industry, started career as a customer technical support. Customer-obsessed and experienced in the field of IT community relations.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Membuat email dengan domain sendiri bisa menjadikan Anda atau bisnis Anda terlihat lebih profesional. Apalagi, email masih menjadi tool komunikasi yang efektif hingga saat ini. Jadi, penggunaan email dengan domain sendiri akan menjembatani komunikasi antara Anda dan calon klien, pelanggan, atau partner.

Karena itulah, email dengan domain sendiri sangat dibutuhkan. Alamat email tersebut menggunakan domain perusahaan dengan format nama@domainperusahaan.com. Penggunaan email semacam itu menjadikan Anda dan bisnis Anda terlihat lebih terpercaya dan profesional.

Lalu, apakah membuat email dengan domain sendiri itu sulit? Tidak. Anda bisa membuatnya dengan mudah. Apalagi jika Anda mengikuti cara membuat email dengan domain sendiri seperti yang kami jelaskan di artikel ini.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Untuk membuat email dengan domain sendiri, Anda perlu menyiapkan gmail yang sudah aktif. Nantinya, gmail tersebut akan dihubungkan ke email hosting Anda. Berikut ini adalah cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan panel hosting OceanHoster.

1. Login ke Panel Hosting

Jika Anda sudah mengaktifkan domain dan hosting OceanHoster, Anda bisa login ke panel hosting.

2. Buat Akun Email di Panel Hosting

Langkah kedua adalah membuat akun email di panel hosting. Lakukan cara ini membuat akun email tersebut.

  • Klik Hosting. Kemudian, pilih Login Panel Hosting.
  • Di bagian Email Manager, pilih Email Accounts.

  • Kemudian, buat email baru dengan mengklik tombol Create Account di pojok kanan.
  • Masukkan username dan password yang akan digunakan untuk email. Lalu, klik Create Account.

  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti ini. Pada tahap ini, Anda sudah berhasil membuat email menggunakan domain sendiri.

Menghubungkan Email Domain dengan Gmail

Setelah melakukan cara membuat akun email dengan domain sendiri, Anda sekarang perlu menghubungkan email tersebut dengan gmail. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk menghubungkan email domain tersebut ke gmail.

  • Klik menu Settings di pojok kanan gmail Anda. Lalu, pilih See All Settings.
  • Setelah itu, pilih tab Accounts and Import. Di bagian Check Mail from Other Accounts, klik Add a mail account.
  • Selanjutnya, muncul jendela baru untuk mengatur email. Di sana, Anda perlu memasukkan alamat email yang sudah dibuat di panel hosting. Lalu, klik Next.

  • Kemudian, centang pada bagian Import emails from my other account (POP3). Lalu, pilih Next.

  • Gunakan detail POP3 yang sudah Anda peroleh sebelumnya. Detail ini Anda peroleh pada notifikasi setelah melakukan pembuatan email di panel hosting. Gunakan detail POP3 tersebut untuk mengisi form ini. Isi password yang digunakan saat membuat email di panel hosting. Lalu, klik Add Account.

  • Selanjutnya, lakukan konfigurasi pengiriman email. Anda bisa menggunakan notifikasi sebelumnya. Untuk melakukan konfigurasi dari notifikasi tersebut, isi nama dan detail SMTP sebelumnya. Jika sudah, klik Add Account dan lakukan verifikasi email.

  • Anda juga bisa melakukan konfigurasi gmail untuk mengirim email dari akun hosting. Caranya adalah dengan memilih menu Settings. Kemudian, klik Accounts and Import dan Add Another Email Address.
  • Jika semua proses tersebut sudah selesai dilakukan, cek keberhasilan konfigurasi email dengan domain sendiri. Anda bisa memilih email pengirim yang akan digunakan untuk mengirimkan email.

Manfaat Membuat Email dengan Domain Sendiri

Cara membuat email dengan domain sendiri tersebut memang membutuhkan biaya karena Anda menggunakan panel hosting. Jika Anda benar-benar ingin membuatnya secara gratis, Anda bisa menggunakan cara membuat email dengan nama domain sendiri gratis yaitu dengan menggunakan Zoho. Namun, tentu saja email domain akan lebih kredibel jika dibuat menggunakan panel hosting.

Berikut adalah manfaat membuat email dengan domain sendiri menggunakan panel hosting.

Kredibilitas Tinggi

Menggunakan email domain sendiri akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Tentu ini penting untuk bisnis karena pelanggan akan lebih percaya dengan pesan-pesan dari email Anda.

Jika menggunakan email pribadi, pelanggan bisa saja tidak percaya dengan email tersebut. Bahkan, email itu bisa masuk ke folder spam. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan email dengan domain sendiri.

Meningkatkan Reputasi

Reputasi bisnis Anda juga akan meningkat karena ada kesan profesionalitas dalam email yang Anda gunakan. Tentu ini berbeda dengan email gratisan. Dengan email gratis, reputasi bisnis Anda akan dipertanyakan oleh calon pelanggan sehingga mereka akan memilih perusahaan kompetitor.

Branding

Bagi bisnis baru, branding adalah hal yang penting. Email dengan domain sendiri juga bisa menjadi sarana branding perusahaan. Hal itu karena calon pelanggan bisa melihat nama perusahaan Anda dari email, bahkan tanpa harus membuka email tersebut. Hal inilah yang bermanfaat untuk branding perusahaan.

Backup Email

Jika menggunakan email domain sendiri menggunakan panel hosting, Anda bisa memperoleh fasilitas backup email. Fasilitas ini meminimalisir terjadinya pesan hilang. Sebenarnya, backup email juga bisa diperoleh di email domain gratis. Namun, fasilitas tersebut sangat terbatas.

Jadi, agar Anda memperoleh fitur backup email yang unlimited, Anda perlu membuat email domain menggunakan panel hosting berbayar. Dengan panel hosting tersebut, Anda bisa melakukan backup dan restore pada semua akun email yang terhubung ke domain bisnis Anda.

Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Jika menggunakan email domain gratis, Anda akan memperoleh kapasitas penyimpanan yang terbatas. Namun, Anda bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar jika menggunakan email domain berbayar.

Jika email domain tersebut digunakan untuk kebutuhan pribadi, kapasitas kecil tidak akan menjadi masalah. Namun, bisnis sangat membutuhkan kapasitas yang besar sehingga dibutuhkan email domain berbayar. Dengan kapasitas besar tersebut, email bisa menampung lebih banyak pesan masuk dan keluar. Bahkan, email bisnis tersebut juga bisa menyimpan berbagai data bisnis yang besar.

Keamanan dan Privasi

Meskipun cara membuat email gratis dengan domain sendiri lebih mudah dan bisa memangkas banyak biaya, tetapi itu tidak sebanding dengan kurangnya keamanan dan privasi. Namun jika menggunakan email domain berbayar, keamanan dan privasi data-data di email bisa lebih terjaga. Tidak akan ada pihak lain yang bisa melihat isi email tersebut karena pengaturan dan privasi benar-benar ada di tangan si pemilik email.

Tidak Ada Iklan

Manfaat lainnya adalah email Anda bebas dari iklan yang mengganggu. Jika menggunakan email domain gratis, Anda akan sering melihat iklan. Tentu saja itu sangat mengganggu. Dengan email domain berbayar, Anda tidak akan melihat iklan sehingga email tersebut terlihat lebih rapi.

Setelah berhasil membuat email domain tersebut, Anda bisa mengirim dan menerima pesan yang masuk ke email website melalui gmail. Sebenarnya, salah satu hal penting dalam cara membuat email dengan domain sendiri adalah penggunaan domain dan hosting terbaik. Dua hal tersebut sangat menunjang pembuatan email domain Anda.

Untuk mendapatkan domain dan hosting terpercaya, Anda bisa menggunakan layanan OceanHoster. Pilih saja salah satu paket web hosting murah yang Anda inginkan. Tenang saja, paket-paket hosting yang ditawarkan oleh OceanHoster sangat terjangkau. Namun jangan salah! Dengan harga terjangkau tersebut, Anda tetap bisa memperoleh fitur-fitur unggulan, loh!

Selain itu, OceanHoster juga menawarkan email hosting dengan harga murah. Tertarik? Coba saja sekarang dan bangun email domain untuk bisnis Anda!

Share the Post:

Related Posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *