Annisa Fauziyah
Annisa Fauziyah
A professional with over 6 years of experience in the hosting industry, started career as a customer technical support. Customer-obsessed and experienced in the field of IT community relations.

Cara Membuat Website Toko Online [Mudah dan Cepat]

cara membuat website toko online

Website memiliki manfaat salah satunya dalam memasarkan produk atau jasa. Jika dulu pebisnis harus menyewa toko fisik untuk berjualan, kini mereka bisa menjual produk tanpa repot menyewa toko. Hanya dengan website toko online, pebisnis sudah bisa berjualan.

Bahkan, website toko online itu bisa dibangun tanpa keahlian teknis sama sekali. Hal itu karena sudah ada banyak tool yang memudahkan pebisnis online untuk membuat toko online. Jadi, mulai dari pemula hingga profesional, semuanya bisa membuat website toko online mereka dengan mudah dan cepat.

Apalagi saat ini tingkat pengguna e-commerce di Indonesia terus meningkat. Hal ini tentu memberikan banyak keuntungan bagi para pebisnis. Karena itulah, toko online menjadi peluang besar bagi para pebisnis.

Jika Anda adalah salah satu orang yang tertarik untuk membangun website toko online dan masih bingung harus memulainya dari mana, Anda sudah menemukan artikel yang tepat! Di sini, kami akan memberikan penjelasan lengkap tentang cara membuat website toko online dengan mudah. Tenang saja, semua cara yang kami berikan sangat simple.

Manfaat Memiliki Website Toko Online

Website toko online sangat direkomendasikan karena website tersebut memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis. Secara umum, ada tiga manfaat yang bisa Anda peroleh jika mempunyai website toko online.

  1. Efisiensi Waktu dan Biaya

Jika Anda menjalankan bisnis offline, Anda membutuhkan toko fisik. Entah itu menyewa atau membeli toko, Anda pasti harus mengeluarkan biaya besar. Anda juga diharuskan membayar biaya lain-lain seperti air, listrik, kebersihan, dan perawatan. Bayangkan! Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya-biaya tersebut?

Berbeda jika Anda memilih menjalankan toko online. Anda tidak membutuhkan toko fisik, sehingga tidak dibutuhkan biaya untuk sewa dan perawatan toko fisik. Hal ini tentu berdampak pada besarnya margin. Karena Anda bisa memangkas biaya operasional, maka margin keuntungan bisa lebih besar.

  1. Penjualan Meningkat

Toko offline mempunyai jangkauan pasar yang terbatas karena hanya orang-orang di sekitar wilayah toko itu yang bisa menjadi pelanggan. Namun, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas melalui toko online. Karena toko online bisa diakses oleh pengguna internet, maka toko Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

Entah itu dari dalam negeri maupun luar negeri, semuanya bisa berpotensi menjadi pelanggan toko online Anda. Tentu ini memperbesar peluang yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan penjualan.

  1. Mendapatkan Target Konsumen yang Tepat

Toko offline menggunakan media iklan konvensional seperti brosur, spanduk, dan banner. Media-media tersebut tidak benar-benar bisa menjangkau target konsumen yang tepat.

Namun, Anda bisa dengan mudah mengiklankan produk ke target konsumen yang tepat dengan menggunakan toko online. Melalui toko online tersebut, Anda bisa menggunakan Facebook Ads atau Instagram Ads. Dengan dua jenis iklan tersebut, Anda bisa mengatur iklan agar bisa ditayangkan ke target konsumen bisnis Anda. Jadi, ini juga memperbesar peluang pembelian.

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Membuat Website Toko Online

Sebelum membuat website toko online, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Hal-hal tersebut berkaitan dengan produk dan platform yang akan digunakan.

  1. Nama Website Toko Online

Pertama, Anda harus menentukan nama website toko online. Nama tersebut harus unik dan berbeda dari website toko online lain. Jika Anda sudah mempunyai toko offline, nama website bisa disesuaikan dengan nama toko offline. Namun, tetap pastikan bahwa nama tersebut belum digunakan oleh toko online lainnya.

Jadi, sebaiknya Anda membuat daftar nama toko online. Kemudian, cek domain untuk masing-masing nama tersebut, apakah sudah terdaftar atau belum. Jika sudah, gunakan nama lain. Jika belum, Anda bisa menggunakannya.

  1. Domain Toko Online

Jika Anda sudah mengecek nama toko online dan nama tersebut belum didaftarkan oleh pihak lain, maka Anda harus segera daftar domain untuk nama toko online tersebut. Domain adalah alamat toko online. Tanpa adanya domain, website toko online tidak akan mudah diingat oleh pengunjung dan toko online tersebut sulit berkembang.

Karena domain berfungsi sebagai alamat toko online, maka Anda benar-benar harus memilih nama domain yang tepat. Pastikan juga bahwa domain tersebut sederhana dan tidak menyulitkan pengunjung website saat mengetik atau mengucapkannya.

  1. Jenis Produk

Produk adalah hal terpenting. Jadi, Anda harus menentukan jenis produk yang ingin dijual. Untuk menentukan produk yang tepat, Anda harus melakukan riset. Jangan sampai Anda memilih produk atau jasa yang tidak mempunyai peminat.

Selain itu, tentukan juga pengemasannya. Produk harus dikemas secara menarik agar calon pelanggan tertarik untuk membelinya.

Karena itulah, foto produk harus dibuat semenarik mungkin. Anda bisa mengusung konsep unik untuk foto produk tersebut. Bukan hanya unik saja, tetapi produk juga harus terlihat jelas. Jika sudah, unggah foto produk ke website toko online dan sertakan penjelasan terkait produk tersebut. Penjelasan itu harus dibuat singkat, jelas, dan mengutamakan key selling points.

  1. Demografi Pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, toko online lebih mudah menjangkau pelanggan karena bisa menggunakan targeting ads sehingga iklan benar-benar sampai ke orang-orang yang tepat. Karena itulah, menentukan demografi pelanggan juga menjadi sebuah keharusan.

Misalnya untuk Facebook Ads, Anda bisa menentukan demografi pelanggan berdasarkan jenis kelamin, negara, usia, status, dan pendidikan. Agar iklan lebih menarik, gunakan ads copy dan gambar iklan yang sesuai dengan target pelanggan. Karena setiap demografi mempunyai karakteristik masing-masing, maka gunakan pendekatan berbeda untuk setiap demografi tersebut.

Misalnya, Anda mempunyai produk sepatu yang banyak digunakan oleh anak muda. Maka, Anda harus membuat gambar iklan dan ads copy yang sesuai dengan anak-anak muda. Karena lelaki dan perempuan mempunyai tingkat ketertarikan yang berbeda, maka Anda juga harus melakukan pendekatan yang berbeda untuk mereka. Oleh karena itu, dibutuhkan evaluasi bertahap setiap kali Anda membuat iklan digital agar bisa menemukan strategi yang tepat untuk target pasar.

  1. Ciptakan Trafik

Bagaimana cara menciptakan trafik website toko online? Caranya adalah dengan membuat konten yang sesuai dengan target pelanggan. Konten menjadi senjata yang digunakan untuk menarik trafik menuju ke toko online Anda.

Lalu, bagaimana cara membuat konten yang bagus? Anda bisa membuat konten blog di website toko online Anda. Konten tersebut tidak hanya bisa meningkatkan awareness, tetapi juga product knowledge. Konten-konten itu juga bisa dibagikan ke media sosial.

Untuk membuat konten blog, Anda perlu membagi konten menjadi beberapa kategori. Misalnya, kategori tips, review, dan news. Ini akan memudahkan pengunjung website untuk menelusuri konten. Jangan lupa untuk menerapkan kaidah SEO yang benar agar website toko online mudah ditemukan di hasil pencarian Google!

Jika Anda ingin menciptakan trafik di media sosial, maka fokuslah pada konten-konten visual, bukan konten artikel. Anda bisa menggunakan kata-kata singkat. Untuk caption, buatlah caption yang singkat dan jelas. Jangan membuat caption yang bertele-tele dan sertakan Call to Action.

  1. Desain Website

Tentukan juga desain website toko online. Jika Anda bingung dengan desain tersebut, Anda bisa melihat website lain yang menawarkan bisnis yang sama. Dari situ, Anda bisa menentukan desain website seperti apa yang sesuai dengan konsep toko online Anda.

Namun, Anda tidak mencontek desain tersebut. Ingat! Anda hanya diperbolehkan untuk menjadikan desain-desain website toko online sebagai referensi. Selebihnya, Anda harus berkreasi membuat desain website Anda sendiri.

  1. Layanan Web Hosting

Selain membutuhkan domain, Anda juga harus memilih layanan web hosting yang tepat. Tanpa hosting, website toko online Anda tidak akan ditemukan oleh pengguna internet. Jadi, hosting adalah hal penting untuk semua website, termasuk website toko online.

  1. Strategi Promosi

Terakhir, tentukan strategi promosi. Jadi, Anda harus mempelajari strategi digital marketing. Strategi ini juga berkaitan dengan penentuan budget yang harus dialokasikan untuk pemasaran digital.

Cara Membuat Website Toko Online

Apa Anda sudah mempersiapkan 8 hal di atas? Jika sudah, Anda bisa mulai memahami cara membuat toko online. Di tutorial ini, kami memberikan cara membuat toko online dengan WordPress. Ayo ikuti panduan lengkapnya di sini!

  1. Beli Domain dan Hosting

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membeli domain dan hosting. Domain adalah alamat website toko online dan hosting digunakan untuk menyimpan seluruh data website. Jika Anda belum tahu di mana membeli domain dan hosting yang bagus, Anda bisa menggunakan layanan OceanHoster.

Untuk membeli domain di OceanHoster, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka website resmi OceanHoster dan pilih menu domain. Setelah itu, klik Cek Domain dan masukkan nama toko online Anda.
hosting toko online

  • Jika tersedia, pilih Order Selected. Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran.
domain

  • Untuk bisa melakukan pembayaran, login atau daftar akun terlebih dahulu. Jika sudah, selesaikan proses pembayaran. Selesai! Domain toko online Anda sudah aktif.

Lalu, cara order web hosting OceanHoster adalah sebagai berikut.

  • Buka website OceanHoster dan pilih web hosting. Kemudian, scroll ke bawah dan pilih paket hosting yang ingin digunakan. Pastikan paket hosting yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan website toko online Anda.

  • Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Di sana, Anda bisa memilih durasi langganan dan metode pembayaran. Untuk menyelesaikan order, silakan masuk atau mendaftar akun.

  • Selesaikan proses pembayaran agar bisa segera menggunakan web hosting OceanHoster.
  1. Install CMS WordPress

Domain dan hosting sudah tersedia, sekarang Anda perlu menginstall WordPress. WordPress merupakan CMS yang mudah digunakan, sekalipun untuk pemula.  Instalasi CMS WordPress bisa dilakukan di Control Panel Hosting yang Anda gunakan.

  • Pilih menu Hosting

  • Klik Login Panel Hosting.

  • Selanjutnya, pilih WordPress Manager.

  • Pilih Install.

  • Isi URL web WordPress, admin username, dan admin password

  • Pilih Install.

  1. Konfigurasi Website

Saat proses instal website, sebenarnya Anda sudah diminta untuk menuliskan nama dan deskripsi website. Namun, hal itu tidak menjadikan tampilan website terlihat sempurna. Karena itulah, Anda masih perlu melakukan konfigurasi. Cara mengkonfigurasi website adalah:

  • Login dulu ke dashboard WordPress dan pilih Settings. Kemudian, klik General.

  • Di bagian Site Title, tulis nama toko online Anda.

  • Tulis juga deskripsi singkat tentang toko online Anda di bagian Tagline.

  • Kemudian, klik Save Changes.

  • Lalu, atur permalink website dengan memilih Settings. Kemudian, klik Permalinks.
  • Agar Anda bisa mengatur permalink sesuai judul di postingan website, ubah ke tipe Post Name.

  • Terakhir, pilih Save Changes.

  1. Pilih Tema Website

Cara membuat website toko online selanjutnya adalah memilih tema website agar website toko online terlihat lebih menarik. Tema website tersedia secara gratis dan berbayar. Jadi, Anda bisa memilih tema yang sesuai dengan budget. Namun, pastikan bahwa tema tersebut sesuai juga dengan toko online Anda.

Ikuti panduan berikut ini untuk menginstall tema website toko online.

  • Di dashboard WordPress, pilih menu Appearance dan klik Themes.
  • Lalu, pilih Add New Theme untuk menambahkan tema baru. Anda bisa mencari tema yang diinginkan di kolom pencarian.
  • Install tema tersebut. Tunggu hingga proses selesai.
  • Aktifkan tema dengan mengklik Activate.

  1. Gunakan Plugin WooCommerce

Plugin WooCommerce adalah salah satu plugin terbaik husus untuk toko online. Plugin ini mempunyai beragam fitur yang dibutuhkan oleh toko online. Misalnya, fitur pencarian produk, cart, metode pembayaran, dan lain-lain. Jadi, hanya dengan menggunakan plugin ini, website toko online Anda bisa terlihat seperti marketplace profesional.

Keunggulan lainnya dari plugin ini adalah bisa digunakan secara gratis. Ya, Anda tidak perlu membayar biaya apapun untuk menggunakan WooCommerce. Untuk menginstalnya, lakukan cara berikut.

  • Login ke dashboard akun WordPress Anda dan pilih Plugins. Kemudian, klik Add New Plugin.
  • Di kolom pencarian, tulis WooCommerce. Selanjutnya, klik Install Now untuk memulai proses instalasi WooCommerce. Jika instalasi sudah selesai, klik Activate.

Setelah proses instalasi dan aktivasi berhasil, Anda masih harus melakukan konfigurasi pada WooCommerce agar bisa digunakan. 

  1. Konfigurasi WooCommerce

Proses konfigurasi WooCommerce meliputi pengaturan dasar yang harus dilakukan pada plugin WooCommerce.

  • Di dashboard WordPress, klik WooCommerce dan Settings.
  • Di bagian General, Anda bisa mengatur Base Location dan Selling Location.

  • Atur juga mata uang untuk transaksi jual beli di website toko online Anda. Pengaturan mata uang bisa dilakukan menggunakan menu Currency Options. Jika sudah selesai, klik Save Changes.

Selain pengaturan di atas, konfigurasi WooCommerce juga bisa dilakukan untuk menambahkan fitur-fitur lain. Caranya adalah melakukan konfigurasi pada tab-tab berikut ini.

  • Products: Melalui menu Products, Anda bisa mengubah laman toko, ulasan, ukuran barang, rating, stok, dan produk yang bisa diunduh oleh konsumen.
  • Shipping: Tab ini digunakan untuk mengatur perhitungan ongkos kirim.
  • Emails: Atur dan kelola jumlah email yang masuk melalui tab Emails.
  • Account & Privacy: Menu ini digunakan untuk mengatur akun pelanggan. Dengan fitur ini, pelanggan bisa melakukan checkout, menghapus akun, membuat akun, dan menghapus data pribadi.
  • Account Endpoints: Tab ini digunakan untuk menangani tindakan-tindakan tertentu di laman My Account.
  • Integration: Menu ini digunakan untuk mencari negara menggunakan MaxMind Geolocation.

Kami juga terlah merangkum plugin WooCoomerce wajib dan terbaik yang kedepannya bisa Anda gunakan untuk optimasi toko online. 

  1. Isi Konten Produk

Cara membuat website toko online memang cukup panjang. Setelah Anda selesai melakukan enam tahapan di atas, Anda masih harus mengisi konten produk. Konten produk atau katalog produk berisi produk-produk yang akan dijual di website toko online. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  • Pilih Products dan Add New di dashboard WordPress.
  • Tulis judul dan deskripsi produk.

  • Di menu Product Categories, pilih Add New Category untuk menambahkan kategori produk yang ingin dijual. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembeli dalam mencari produk berdasarkan kategori.
  • Tambahkan harga jual di bagian Product Data.

  • Pilih Inventory. Tambahkan juga kode barang di bagian SKU untuk memudahkan penjual menemukan produk berdasarkan kodenya.

  • Untuk menampilkan jumlah stok produk, centang Track Stock Quantity for This Product di bagian Stock Management. Lalu tulis jumlah stok barang di bagian Quantity.
  • Tulis juga deskripsi singkat produk di bagian Product Sort Description. Gunanya adalah untuk memberikan informasi kepada calon pembeli tentang produk.

  • Anda juga bisa menambahkan gambar produk menggunakan menu Set Product Image. Untuk menambahkan beberapa gambar, pilih Add Product Gallery Images.
  • Jika semua detail sudah diisi, klik Publish. Setelah di-publish, produk sudah bisa dilihat di halaman website toko online Anda.
  1. Pengaturan Halaman Produk

Cara membuat toko online dari WordPress yang selanjutnya adalah dengan mengatur halaman produk. Tujuan utamanya adalah untuk menjadikan website toko terlihat lebih menarik dengan menunjukkan informasi penting di halaman website. Informasi-informasi penting tersebut mencakup informasi produk baru, promo, dan diskon produk. Hal ini bisa menarik perhatian calon pembeli saat pertama kali membuat website toko online Anda.

Cek cara mengatur halaman produk di sini!

  • Di dashboard WordPress, pilih Pages dan Add New Page.
  • Isi judul halaman dan klik Home di bagian Page Attributes.
  • Klik Publish.

Tips Membuat Toko Online Ramai Pembeli

Cara buat website jualan online tak hanya sampai di situ. Setelah selesai membuat website toko online, Anda masih harus memasarkan toko online tersebut agar tidak sepi pembeli. Tenang saja, kami juga memberikan cara mudah membuat toko online ramai pembeli.

Promosikan di Media Sosial

Sekarang, banyak orang menggunakan media sosial. Jadi, mempromosikan toko online di media sosial menjadi opsi yang bagus. Media sosial juga bisa meningkatkan trafik website, loh!

Jadi, cobalah untuk mempromosikan toko online Anda di Instagram, Facebook, atau X. Anda juga bisa menghubungkan link website toko online ke akun-akun media sosial tersebut. Menariknya, promosi di media sosial juga bisa dilakukan secara gratis.

Optimasi SEO

Agar website muncul di hasil pencarian Google, Anda harus mengoptimasi SEO website toko online. Dengan cara ini, website bisa menarik lebih banyak pengunjung. Jadi, pelajari strategi optimasi SEO agar website toko online lebih ramai.

Pasang Iklan

Memasang iklan juga menjadi salah satu cara meramaikan website toko online. Ini menjadi cara yang paling ampuh. Namun, memasang iklan membutuhkan biaya yang cukup besar. Karena itu, Anda harus memastikan terlebih dahulu ketersediaan budget untuk memasang iklan tersebut.

Beberapa jenis iklan yang berpeluang besar mendatangkan banyak trafik adalah Facebook Ads dan Google Ads. Keduanya adalah jenis iklan Pay Per Click atau PPC. Jika memilih menggunakan iklan, Anda harus meriset kata kunci. Kata kunci itulah yang nantinya bisa menampilkan iklan di hasil pencarian dan mengarahkan orang-orang untuk masuk ke halaman website Anda.

Namun, Anda sebaiknya tidak terburu-buru dalam hal ini. Lebih baik Anda melakukan banyak riset terlebih dahulu sebelum memutuskan memasang iklan agar budget pemasaran tidak boncos. Selain untuk menghindari kerugian, ini juga dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan.

Riset yang perlu dilakukan adalah riset tentang seberapa berpengaruh jenis iklan terhadap toko online. Jika peluangnya memang bagus, gunakan iklan tersebut. Jika tidak, cari opsi iklan lain.

Kami menyarankan Anda untuk menggunakan iklan yang murah terlebih dahulu. Ini adalah cara teraman agar Anda tidak rugi. Setelah bisnis berkembang pesat, Anda bisa mulai menggunakan iklan yang lebih mahal.

Gunakan Foto Produk

Saat mempromosikan toko online, Anda membutuhkan foto produk. Sebenarnya, ini bukan menjadi cara utama untuk meningkatkan trafik toko online. Namun, foto produk bisa memancing minat calon pembeli.

Dalam menggunakan foto produk, pilihlah foto yang jelas dan bagus. Resolusi foto harus tinggi. Foto produk bisa ditampilkan di halaman website toko online, media sosial, dan konten iklan. Dengan menggunakan foto produk, calon pelanggan bisa mengetahui detail produk dan fitur-fiturnya.

Jasa Influencer

Banyak bisnis yang bekerja sama dengan influencer untuk membangun brand mereka. Influencer adalah orang-orang terkenal di platform media sosial dan mempunyai pengaruh besar, khususnya untuk para pengikut mereka.

Jadi, Anda bisa mencoba cara ini untuk menjadikan toko online Anda lebih ramai. Namun, Anda harus mencari tahu siapa saja influencer yang sesuai dengan target pelanggan Anda. Misalnya, bisnis Anda adalah fashion anak muda. Maka, Anda bisa memilih influencer yang mempunyai banyak followers anak muda. 

Selain itu, Anda juga harus menentukan di mana Anda bisa menemukan influencer tersebut. Influencer bisa ditemukan di Instagram, Facebook, TikTok, dan X. Setiap influencer mempunyai karakteristik follower tertentu dan itu juga dipengaruhi oleh platform media sosial yang mereka gunakan. Jadi, pemilihan platform media sosial juga harus dipertimbangkan.

Sebagai contoh, target pelanggan Anda banyak menggunakan Instagram. Maka, Anda seharusnya memilih influencer di Instagram. Meskipun influencer hanya bekerja di niche tertentu, tetapi ini bisa berdampak besar pada toko online Anda, asal Anda memilih influencer yang tepat. Selain bisa menaikkan popularitas toko online, influencer juga bisa membantu meningkatkan penjualan.

Jika toko online Anda masih baru atau budget pemasaran masih terbatas, Anda bisa memilih mikro atau nano influencer. Mereka adalah influencer dengan jumlah follower yang tidak terlalu banyak, tetapi mereka mempunyai pengaruh ke para followers mereka. Biasanya, influencer semacam ini mematok harga yang tidak terlalu tinggi. Anda juga bisa bernegosiasi dengan mereka untuk menetapkan budget yang tidak merugikan.

Selain budget, Anda juga harus mendiskusikan ketentuan kerja sama. Jangan sampai ada salah satu pihak yang dirugikan. Pastikan ketentuan itu disetujui oleh kedua belah pihak.

Buat Strategi Konten Jangka Panjang

Meskipun aktivitas utama toko online adalah jual beli produk atau jasa, tetapi Anda juga harus memaksimalkan konten di website toko online. Strategi yang bisa digunakan adalah menggunakan keyword yang berhubungan dengan niche. Anda juga bisa berfokus pada strategi peningkatan peringkat website toko online di search engine dan trafik.

Strategi konten menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan awareness dan reputasi bisnis Anda. Konten-konten yang menarik bisa mendatangkan trafik yang tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu membuat blog.

Dari artikel ini, Anda sudah mengetahui cara membuat toko online sendiri dan tips membuat toko online tersebut ramai pembeli. Membangun toko online memang tidak semudah itu, tetapi Anda harus mencoba dan melakukan evaluasi pada setiap prosesnya. Dengan begitu, dijamin toko online Anda akan berkembang pesat.

Selain menerapkan cara membuat website toko online tersebut, jangan lupa untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan karena mereka adalah penentu kesuksesan toko online Anda. Jika mereka mengalami masalah terkait transaksi pembelian atau penggunaan website toko online, Anda harus segera memberikan bantuan.

Jadi, jangan tunggu nanti! Segera buat toko online Anda sekarang dan buat penjualan pertama Anda!

Share the Post:

Related Posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *