Annisa Fauziyah
Annisa Fauziyah
A professional with over 6 years of experience in the hosting industry, started career as a customer technical support. Customer-obsessed and experienced in the field of IT community relations.

6 Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection WordPress

Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection WordPress

Apakah Anda pernah membuka website WordPress dan mendapatkan notifikasi “error establishing a database connection?” Sebenarnya, masalah itu kerap muncul pada web WordPress. Umumnya, alasan utama dari error tersebut adalah website gagal memperoleh informasi untuk proses render.

Namun tenang saja, Anda tidak perlu panik jika website WordPress Anda mengalami masalah tersebut. Di artikel ini Anda bisa memperoleh jawaban mengapa masalah itu bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasi error establishing a database connection WordPress tersebut.

Dengan memahami penyebab dari error establishing, Anda bisa mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya. Jadi, yuk baca artikel ini hingga akhir untuk memahami solusi error establishing a database connection WordPress yang tepat!

Apa Itu Error Establishing A Database Connection?

WordPress adalah CMS yang dibangun oleh dua komponen, MySQL dan PHP. Saat Anda mengakses website di browser, PHP menjalankan fungsinya untuk bisa menampilkan data pada MySQL. Nantinya, data tersebut yang akan ditampilkan di browser. 

Error establishing a database connection adalah pesan error yang muncul saat mengakses data dari database website. Error tersebut terjadi ketika PHP tidak bisa mengakses data dari website Anda. Hal itu dikarenakan PHP tidak bisa terhubung ke database MySQL sehingga tidak ada detail informasi website yang diperoleh. Akhirnya, browser tidak bisa menampilkan data dari database website dan muncullah pesan error.

Penyebab Error Establishing a Database Connection

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya error establishing a database connection WordPress. Namun, beberapa faktor berikut menjadi faktor utama munculnya error establishing a database connection tersebut.

  • Database website rusak: Jika Anda sering mengubah tema dan plugin, maka database bisa rusak. Biasanya, hal itu terjadi karena beberapa informasi penting tidak sengaja terhapus saat mengubah tema dan plugin.
  • Kredensial login database yang salah: Hal ini terjadi karena website WordPress menggunakan informasi login terpisah untuk terhubung dengan database MySQL.
  • Masalah server database: Error establishing a database connection juga bisa terjadi karena kesalahan dari web hosting yang Anda gunakan. Contohnya adalah overload database atau server tidak responsif karena banyaknya permintaan. Biasanya, ini terjadi karena website menggunakan shared hosting sehingga resource digunakan bersamaan dengan pengguna lain. Karena itulah, penting untuk memilih hosting WordPress terbaik dan berkualitas dalam menjalankan website WordPress Anda.
  • File rusak: Alasan lain yang menyebabkan munculnya error establishing a database connection adalah file yang rusak karena instalasi WordPress. Masalah ini juga bisa terjadi karena hackers.
  • Kapasitas penyimpanan penuh: Error establishing a database connection di WordPress juga bisa terjadi karena kapasitas penyimpanan yang penuh. Jadi, Anda harus rutin mengecek kuota disk.

Cara Mengatasi Error Establishing A Database Connection WordPress

Setelah mengetahui faktor penyebab error establishing a database connection di WordPress, kini saatnya untuk memahami cara mengatasi database error tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi WordPress error establishing a database connection tersebut.

Cek Kuota Penggunaan Disk

Cara pertama adalah dengan mengecek kuota penggunaan disk. Pastikan bahwa penggunaan disk tidak melebihi batas maksimal. Untuk mengecek kuota penggunaan disk, lihat bagian Statistics.

cara mengatasi error establishing a database connection wordpress

Cek Nama Database

Current Databases harus sama dengan DB_Name di wp-config.php. Jika tidak, maka database Anda hilang. Hal ini bisa terjadi karena Anda berpindah layanan hosting, tetapi database tidak semuanya ikut pindah.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda menghubungi tim support dari layanan hosting yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan hosting dari OceanHoster, Anda bisa memperoleh bantuan dari tim Customer Support selama 24 jam! Nantinya, tim Customer Support akan membantu Anda untuk membuat database baru dan mengisinya dengan file backup database website sebelumnya.

Reset Password Database

Jika Anda tidak menemukan kendala setelah mengecek kuota penggunaan disk dan nama database, Anda bisa mengatasi error establishing a database connection dengan mereset password database. Biasanya, masalah error juga bisa muncul karena ketidaksesuaian antara password database dan konfigurasi website. Gunakan cara ini untuk mereset password database tersebut.

Masuk ke File Manager dan akses public_html. Selanjutnya, cari wp-config.php. Kemudian, klik folder tersebut.

Copy password database di bagian berikut ini:

Masuk ke MySQL database. Cari file di Current Users. Sesuaikan username pada wp-config.php dengan informasi yang tertera. Klik Change Password untuk menyalin password yang sebelumnya sudah di-copy. Jangan lupa untuk menyimpan perubahannya.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, password secara otomatis diperbarui dan akan sesuai dengan konfigurasi website. Anda bisa mengecek lagi apakah website masih menampilkan pesan error atau tidak.

Biasanya, pesan error sudah tidak muncul lagi setelah melalui tahap ini. Namun jika masih ada kendala, Anda bisa mencoba cara lainnya.

Perbaiki Database yang Rusak

Alasan lain munculnya pesan error adalah database yang rusak. Jadi, Anda perlu memperbaiki database yang rusak tersebut. Jika database website rusak, Anda akan mendapatkan pesan error establishing a database connection WordPress jika mencoba login ke dashboard WordPress. 

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pesan di back-end berupa “One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired.” Sementara itu, pesan error establishing a database connection akan ditampilkan di bagian front-end.

Sebenarnya, WordPress sudah mempunyai sistem database repair mode. Jadi, Anda hanya perlu menambahkan kode di bawah ini pada bagian paling bawah dari wp-config.php.

Pembaruan PHP

Pembaruan atau update PHP bisa dilakukan mengecek MySQL. Anda bisa masuk ke menu PHP Version. Menu tersebut menampilkan informasi PHP dan modul yang sudah diaktifkan. Di sini, pastikan bahwa modul MySQL dan MySQLi sudah aktif. Jika sudah aktif dan masih muncul pesan error, maka dibutuhkan update PHP.

Jika sudah, cek lagi apakah masih muncul pesan error atau tidak. Di tahap ini, biasanya pesan error sudah tidak ada. Apabila kendala masih ada, Anda bisa menghubungi tim Support karena biasanya ada indikasi layanan MySQL yang mati.

Cek Privileged User yang Kurang

Masuk ke Current Users dan pastikan users sesuai dengan DB_USER di wp-config.php.

Jika sudah sama, pilih user di bagian Add User to Database dan User. Sementara itu untuk database, masuk ke Database dan pilih Add. Kemudian, klik All Privileges, Make Changes, dan Go Back.

Jika ternyata users tidak sama dengan DB_USER, maka Anda harus menambahkannya melalui menu Add New User dengan membuat username MySQL

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, refresh website untuk mengecek apakah error sudah hilang atau belum.

Jadi, Anda bisa mencoba enam cara yang sudah kami jelaskan di atas untuk mengatasi error establishing a database connection WordPress. Anda harus mengikuti setiap langkahnya dengan benar agar masalah error bisa benar-benar teratasi.

Jangan lupa untuk menggunakan layanan WordPress hosting dari OceanHoster. Selain mempunyai beragam fitur, hosting OceanHoster juga menyediakan layanan tim Customer Support 24 jam!

Share the Post:

Related Posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *