Annisa Fauziyah
Annisa Fauziyah
A professional with over 6 years of experience in the hosting industry, started career as a customer technical support. Customer-obsessed and experienced in the field of IT community relations.

Cara Migrasi dari Blogspot ke WordPress

migrasi dari blogspot ke wordpress

WordPress adalah platform populer dan, banyak pengguna blogspot yang tertarik dengan WordPress dan berniat untuk memindahkan blogspot mereka ke WordPress. Sebenarnya, alasan di balik migrasi itu adalah fitur blogger yang dirasa kurang mumpuni. Sementara itu, WordPress menyediakan fitur yang lebih beragam.

Bagi sebagian orang, memindahkan blogspot ke WordPress menjadi hal yang merepotkan. Kebanyakan dari mereka takut akan kehilangan data, trafik, dan mengalami kerusakan konten jika melakukan hal tersebut. Padahal, sebenarnya itu semua bisa dihindari jika Anda memahami cara migrasi blogger ke WordPress yang benar.

Karena itulah, artikel ini secara khusus membahas bagaimana cara migrasi blogspot ke WordPress. Semuanya kami jelaskan dengan mudah agar Anda mudah memahaminya. Jadi, ayo simak tutorial lengkapnya berikut ini!

Cara Migrasi konten dari Blogspot ke WordPress

Agar Anda bisa melakukan migrasi blogger ke WordPress dengan benar dan meminimalisir resiko, ikuti langkah-langkah berikut ini. 

Ekspor Konten Blogger

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengekspor konten blogger terlebih dahulu. Jadi, Anda harus mengekspor konten tersebut melalui akun blogspot Anda menggunakan cara berikut.

Login ke akun blogger dan pilih Settings. Scroll ke bawah dan temukan Manage Blog.

Lalu, pilih Backup Content dan klik Download. Hasil download tersebut adalah file dengan format .xml.

Install Plugin Importer

Setelah Anda selesai mengunduh file .xml, lanjutkan dengan menginstal plugin importer di WordPress. Namun, Anda harus menginstal WordPress terlebih dahulu.

Jika Anda sudah menginstal WordPress, lakukan instalasi plugin WordPress dengan login ke akun WordPress. Pilih Tools dan klik Import.

Lalu, pilih Install Now pada Blogger.

Import Konten dari Blogspot ke WordPress

Jika plugin importer sudah terinstall, import file .xml ke WordPress dengan masuk ke menu Tools di WordPress. Kemudian, pilih Import dan Run Importer.

Di bagian Choose File, pilih file .xml yang sudah diunduh. Lalu, klik Upload File and Import.

Selanjutnya, pilih user yang digunakan dan klik Submit.

Memindahkan/Redirect Traffic dari Blogger ke WordPress

Anda juga harus memindahkan trafik dari blogger ke WordPress karena semua trafik masih mengarah ke blogspot Anda. Pengalihan trafik atau redirect traffic dari blogspot ke WordPress tersebut bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

Pertama, buka Plugins di dashboard WordPress dan pilih Add New Plugin.

Pada kolom pencarian, ketik Blogger to WordPress.

Setelah plugin Blogger to WordPress sudah muncul, pilih Install Now. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Jika proses install sudah selesai, aktifkan plugin tersebut dengan memilih Activate.

Anda perlu kembali lagi ke dashboard WordPress dan pilih lagi menu Tools. Kemudian, klik Blogger to WordPress Redirection. Di halaman plugin Blogger to WordPress Redirection, klik Start Configuration.

Selanjutnya, muncul alamat website migrasi dari blogspot. Pilih Get Code.

Anda akan memperoleh kode HTML untuk redirect traffic dari blogger ke WordPress. Copy saja script tersebut.

Selanjutnya, kembalilah ke dashboard blogspot dan pilih Theme. Pada halaman My Theme, lihat di bagian Customize. Klik ikon segitiga terbalik di bagian Customize tersebut.

Pilih Edit HTML.

Hapus script HTML bawaan Blogger. Lalu, paste kode HTML yang sudah di-copy sebelumnya. Lalu, pilih Save.

Silakan kembali ke Blogger to WordPress Redirection. Kemudian, klik Verify Configuration.

This image has an empty alt attribute; its file name is jS5RYhPqMuomZjsn43fpPdCg0v4edvFAtVl7-vakCXy1mgnCpzySurvmmvzBemLkju3GOuGmKmC4aqwGroB9f0H3shmdMCK_GZclO4FEz5vFxmCrTtuO106GWnrX8y6W7-9iZwEIQRkm8eGFS09twOs

Bagaimana? Sudah memahami cara migrasi dari blogspot ke WordPress dan cara import WordPress ke blogspot? Ada beberapa alasan mengapa memindahkan blogger ke WordPress penting untuk dilakukan. Pertama, pengelolaan WordPress lebih bebas sehingga seluruh aset menjadi milik Anda. Anda juga bisa menggunakan berbagai plugin sesuai kebutuhan yang mana itu tidak tersedia di Blogspot.

Pengguna WordPress juga diberikan banyak opsi untuk melakukan pengaturan melalui fitur-fitur yang mudah digunakan dan intuitif. Tampilan website WordPress juga lebih menarik dibandingkan blogger karena WordPress menyediakan berbagai tema. Terakhir, WordPress juga dibekali dengan sistem keamanan tinggi sehingga website tidak akan mudah terserang malware.

Untuk mencoba tutorial migrasi blogger ke WordPress ini, Anda membutuhkan hosting dan WordPress. Jadi, pastikan Anda sudah mengaktifkan layanan hosting. Anda bisa menggunakan WordPress hosting dari OceanHoster untuk memulai cara migrasi blogger ke WordPress.

Bukan hanya menyediakan hosting untuk WordPress saja, OceanHoster juga menyediakan domain murah. Jadi, semua kebutuhan pembuatan website Anda bisa didapatkan dengan menggunakan layanan OceanHoster. Tunggu apa lagi? Ayo beralih ke hosting OceanHoster sekarang!

Share the Post:

Related Posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *